Senin, 14 Desember 2009

Silaturahmi dan Kunjungan Lapangan ke Agropolitan Gandus

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar Mahasiswa Program Doktor Ilmu-ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya dari angkatan 2007 hingga angkatan 2009 dan mengenal lebih dekat staf pengajar, promotor dan co-promotor. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Desember 2009. Dimulai dari berkumpulnya seluruh peserta di Benteng Kuto Besak, dan diisi dengan penjelasan mengenai lahan basah dan potensi dari Kota Agropolitan Gandus dari Dr. Robiyanto Hendro Susanto yang saat ini juga sebagai Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan PPS UNSRI . Dilanjutkan dengan foto bersama seluruh mahasiswa dan staf pengajar, dan sebelum berangkat kami berdo’a memohon keselamatan dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

Dengan menggunakan 2 bus air KM Ariodillah, yang masing-masing berkapasitas 40 orang, kami berangkat menuju kota Agropolitan Gandus. Selama di kapal, diisi dengan kuliah singkat dari Dr. Faisal, Dr. Zulkifli Dahlan dan Prof. Dr.A.Y.A.Wiralaga mengenai hidrologi Sungai Musi dan ketergenangan, biota perairan, pencemaran perairan, serta kehidupan di tepian Sungai Musi. Pada kesempatan itu juga Ketua Pelaksana, Ir.H.Apriadi S.Busri,CES. memberikan sedikit pengantar mengenai program-program Pemerintah Kota Palembang dalam rangka mengibarkan Palembang khususnya Sungai Musi di dunia wisata Indonesia. Setibanya di Darmaga Apung Agropolitan Gandus kami disambut oleh Kepada Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutan Kota Palembang, Ir.Masriadi,MS. Juga Bapak Camat, Lurah, serta kelompok tani.

Kami berkumpul di rumah apung. Diberikan juga penjelasan mengenai pengembangan kota Agropolitan Gandus oleh Dr. Hilda Zulkifli, dan dimulailah acara inti yaitu perkenalan diri masing-masing mahasiswa dari ketiga angkatan. Dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari para bapak-ibu dosen, promotor, dan co promotor. Setelah itu ishoma. Makan siang yang disediakan sangat mengundang selera, terutama ikan bakar yang merupakan hasil panen perdana dari kelompok tani Agropolitan Gandus ini. Dan makan siang itu bertambah nikmat karena sambil mendengarkan lagu-lagu yang diiringi organ tunggal. Beberapa mahasiswa juga Pak Apriadi, Pak Zulkifli Dahlan yang berduet dengan Ibu Hilda turut menyumbangkan suara emasnya. Kemudian peserta beserta dosen diajak berkeliling Kawasan Inti Agropolitan Gandus sambil mendengarkan penjelasan pengelola diselingi dengan tanya jawab.

Karena ini perjalanan di lahan basah, pengaturan waktu sangatlah ketat, walaupun belum puas, tapi pukul 13.00 kami harus segera naik kapal untuk kembali ke dermaga Benteng Kuto Besak. Perjalanan yang menyenangkan, tapi tugas membuat makalah dari kegiatan ini sudah menunggu….. (ayo aja, siapa takut hehehe…..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar